Mengukur Produktivitas saat Work From Home

Pemerintah masih menggaungkan anjuran #socialdistancing kepada warga masyarakat dikarenakan merebaknya wabah Covid-19 ini, sehingga mau tidak mau memaksa para pemilik usaha atau manajemen perusahaan untuk ikut serta anjuran tersebut. Ketika manajemen perusahaan memutuskan agar karyawan untuk bekerja dirumah, tentunya segala pertimbangan sudah dipikirkan dengan baik, termasuk soal bagaimana dapat mengukur produktivitas teamnya saat Work from home.

Karena bagaimanapun, bekerja dirumah tentunya akan dapat memunculkan distraksi-distraksi bagi karyawannya. Komunikasi yang biasanya dapat langsung antar team, kini harus melalui online , tugas yang biasanya dikerjakan di ruang kerja, harus dikerjakan dirumah dimana mungkin ada anggota keluarga lain atau hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi dan focus pekerjaan kita.

Saya membaca postingan Instagram @kemnaker mengenai Tips Bekerja Di Rumah agar tetap produktif dan efektif. Ada baiknya saya bagikan juga disini, apa saja tips yang bisa dilakukan karyawan ketika Work from Home :

  1. Siapkan Spot Kerja Terbaikmu

Coba dicek setiap area rumah kamu, dimana ruang paling nyaman yang bisa digunakan sebagai spot kerja-mu agar tetap stay focus.

Tapi tetap berikan waktu untuk sesekali relaks, jangan terlalu lama didepan laptop dan duduk, sesekali bisa berjalan sekitar rumah, lalu kembali focus terhadap tugas pekerjaan.

  • Siapkan Koneksi Internet yang Stabil

Kirim tugas, komunikasi dengan team, mencari bahan atau dokumen, hampir semuanya memerlukan koneksi internet.  Pastikan lingkungan rumahmu memiliki koneksi internet yang stabil. Jangan sampai pengerjaan ataupun pengiriman tugas-mu mengalami keterlambatan hanya karena internet kamu tidak stabil

  • Siapkan Pakaian untuk Meeting via Video Call

Sesekali hari atau waktu, atasan atau team bisa saja mengadakan meeting, karena kamu bekerja dirumah, tetap saja siapkan pakaian semi formal kamu apabila tiba-tiba harus mengadakan video call meeting. Pastika area kerjamu juga rapih ya.

  • Siapkan Jadwal Kerja

Walaupun bekerja dirumah, tanggung jawab tetap diperlukan. Oleh karena itu buatlah jadwal kerja /  to do list pekerjaan yang menjadi tugas yang diberikan oleh perusahaan kita bekerja.  Dengan begitu, kita dapat mengatur waktu secara efisien dan tugas bisa dapat diselesaikan.

Ketika kita bekerja dirumah, tanpa ada atasan didepan kita,misalnya, produktivitas menjadi tanggung jawab setiap karyawan. Sebagai atasan maupun team manajemen, bagaimana bisa mengukur produktivitas teamnya? Well..berikan team kita kepercayaan bahwa mereka dapat menyelesaikan tugas pekerjaan mereka walaupun harus bekerja dirumah.

Semoga pandemi ini segera selesai, virus Corona yang mempengaruhi seluruh lini bisnis dan perusahaan dapat segera berakhir.

Jaga kesehatan selalu dan stay productive

#mengukurproduktivitas #workfromhome #kerjadirumah #viruscorona #covid-19 #karyawan #tenagakerja #dirumahaja #easyhelpscompany #leezshare

× How can we help you? Let's Chat