Standar Operasional Prosedur atau SOP memang sangat penting untuk menunjang segala sesuatu terlaksana berdasarkan standar. SOP selayaknya disusun mengikuti setiap proses bisnis yang ditetapkan.

Penyusunan SOP digunakan untuk merekam seluruh aktivitas pelaksanaan pekerjaan agar dapat terukur dan berjalan berkesinambungan secara menyeluruh. Pada artikel ini, kami membahas mengenai pentingnya kegiatan pengelolaan kebersihan di rumah sakit yang diatur dalam prosedur yang rinci.

Hal ini penting pada sebuah rumah sakit, dimana dengan kondisi yang bersih dan rapi akan memberikan kenyamanan bagi pasien yang datang ke rumah sakit. Berikut ini merupakan cara membuat sop cleaning service rumah sakit yang banyak dibutuhkan karena proses pembuatannya pun cukup detail.

Kepemilikan SOP dalam sebuah instansi juga dapat membantu sistem berjalan dengan baik. Segala sesuatunya memiliki standar yang harus dikerjakan dan larangan untuk dijauhi.

Untuk itu penting sekali mengetahui cara pembuatan panduan cleaning service rumah sakit demi kelancaran sistem operasional yang baik.

Cara Membuat SOP Cleaning Service Rumah Sakit

Terdapat beberapa cara pembuatan SOP untuk cleaning service di Rumah Sakit yang bisa Anda ikuti, antara lain :

1. Melakukan Identifikasi Tugas dan Tanggung Jawab

Cara pertama yang bisa Anda lakukan dalam pembuatan SOP untuk cleaning service di Rumah Sakit adalah melakukan identifikasi tugas serta tanggung jawab yang jelas. Sehingga petugas akan lebih mudah melakukan pekerjaannya dengan baik.

Anda bisa memulainya dengan membentuk tim atau mengatur roaling petugas kebersihan yang harus membersihkan ruang pasien. Selain itu, bagi juga beberapa petugas untuk membersihkan koridor, area publik, operasi, dan beberapa tempat penting lainnya di Rumah Sakit.

2. Membentuk Jadwal Penugasan Harian

Pembentukan jadwal rutin harian akan memudahkan setiap petugas kebersihan untuk lebih memahami pekerjaannya. Sehingga, setiap hari tidak perlu menunggu perintah dari atasan karena semuanya sudah terjadwal dengan rapi.

Lakukan perputaran jenis pekerjaan agar setiap cleaning service terbiasa melakukan pekerjaan di berbagai tempat. Untuk itu, buat jadwal penugasan harian.

Apabila terlalu singkat, Anda bisa membentuk tim bulanan tetapi dengan pertimbangan yang sesuai berdasarkan tingkat kebutuhan petugas kebersihan di lingkungan Rumah Sakit.

3. Buat Daftar Alat dan Bahan

Untuk memastikan SOP kebersihan lingkungan rumah sakit berjalan dengan baik dan sesuai. Anda harus bisa membuat daftar alat dan bahan dengan tepat dan teliti. Tujuannya agar setiap prosedur bisa berjalan dengan baik.

Anda bisa menentukan apa saja peralatan dan bahan yang dibutuhkan oleh pekerja kebersihan. Setelah itu, pastikan alat-alat tersebut bisa terakses dengan mudah pada sebuah titik lokasi yang membutuhkannya.

Beberapa contoh peralatan yang harus Anda pertimbangkan seperti alat penggulung debu, pembersih kaca, pembersih lantai, vacuum cleaner, sikat, sapu, dan beberapa alat kebersihan lainnya.

4. Bentuk Prosedur Pembersihan

Prosedur pembersihan merupakan acuan utama dari pekerjaan seorang cleaning service. Jika ingin membuat SOP, pastikan keseluruhan aspek telah tercantum di dalamnya sehingga nyaman untuk dijalani setiap pekerja.

Prosedur pembersihan yang akan Anda buat bisa beragam. Tergantung dari jenis ketaatan dan kebutuhan Rumah Sakit masing-masing. Tetapi secara umum, prosedur kebersihan yang wajib ada seperti langkah-langkah membersihkan permukaan, kamar mandi, dan juga debu.

Anda juga bisa memberikan instruksi secara rinci terkait cara membersihkan masing-masing ruangan yang membutuhkan perawatan khusus. Sehingga, alat dan bahan serta pekerjaan petugas pun bisa berjalan dengan aman dan nyaman.

5. Berikan Standar Sterilisasi dan Desinfeksi yang Jelas

Persyaratan cleaning service Rumah Sakit salah satunya harus bisa melakukan sterilisasi dengan benar. Pasalnya, Rumah Sakit merupakan sebuah bangunan yang memiliki banyak sekali virus dan berbahaya apabila kondisi seseorang kurang fit.

Untuk itu, Anda bisa membuat standar sterilisasi dan desinfeksi secara jelas. Hal ini akan membuat pekerjaan petugas kebersihan jauh lebih mudah dan cepat. Karena sudah memahami konsep dan juga cara kerja sebagai cleaning service di Rumah Sakit.

Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah penggunaan teknik sterilisasi dan desinfeksi pada ruangan pasien ataupun ruangan dengan risiko tinggi. Jangan sampai petugas kebersihan abai dan asal melakukan pembersihan.

Untuk itu, buatlah prosedur kebersihan yang tepat pada peralatan medis, serta instrumen yang Anda gunakan.

Baca juga: Langkah Tepat Menyusun SOP Perusahaan

6. Atur Pengelolaan Limbah dengan Baik

Berbeda dari limbah pada umumnya, di Rumah Sakit limbah berupa sampah medis. Tetapi, ada juga sampah non medis yang bisa dibuat ke tempat pembuangan akhir. Tetapi, untuk sampah medis tetap membutuhkan pengelolaan tersendiri.

Agar tidak terjadi infeksi maupun kesalahan pengangkatan dan pengaturan limbah. Lakukan pengecekan terlebih dahulu. Pastikan bahwa, limbah dari Rumah Sakit bisa di handle dengan baik dan tentunya aman serta sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Beberapa langkah tersebut merupakan cara membuat sop cleaning service rumah sakit yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat.

Share This
× How can we help you? Let's Chat